Selasa, 20 Agustus 2013

Buatlah Sistem Pengamanan Rumah Saat Lebaran


ilustrasi sistem pengamanan rumah (ist)
Kepolisian Resor Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengimbau masyarakat membuat sistem pengamanan masing-masing rumah, sebab ada kemungkinan penjahat memanfaatkan momen ketika banyak warga merayakan Lebaran di dalam maupun luar kota. Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Banjarmasin Kompol Afner Juwono di Banjarmasin, Sabtu mengatakan, biasanya banyak penjahat memanfaatkan momen mudik lebaran dengan menyatroni rumah-rumah penduduk yang sedang kosong penghuni. 
Sebab itu, sebelum terjadi, warga sebaiknya lebih berhati-hati dengan melakukan pengamanan rumah saat hendak ditinggal mudik, dan kalau bisa tetap ada yang menunggu rumah. Gunakanlah sistem keamanan, misalnya dengan seperti memasang kamera tersembunyi beberapa sudut dalam maupun luar rumah untuk memantau ketika ditinggal mudik, kata Afner.
Selain itu pasang alarm yang berbunyi nyaring sehingga saat ada orang yang tidak kenal dan masuk lewat tempat yang tidak semesti maka alaram itu berbunyi sehingga warga sekitar mendengar.
“Tingkatkan pos keamanan keliling di setiap kompleks, dan selalu waspada, kontrol rumah-rumah yang memang ditinggal penghuninya mudik, karena kemungkinan banyak aksi kriminalitas menjelang Lebaran,” terangnya.
Afner juga mengatakan, seluruh anggotanya tetap akan menindak tegas semua pelaku kriminalitas selama bulan puasa menjelang Lebaran.

0 komentar:

Posting Komentar