Kamis, 25 Juni 2015

APLIKASI PENYADAPAN

Berbagai opini saat ini terus berkembang sejalan dengan permasalahan yang terjadi dimana banyak kasus yang spektakuler terutama yang menyangkut penegak hukum ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi baik melalui penyelidikan yang panjang dan di akhiri dengan OTT (operasi tangkap tangan). Maka lewat “kacamata” teknologi kita coba telusuri permasalahan ini. Jadi artikel ini tidak akan masuk ke ranah hukum maupun politik.

Sebenarnya teknologi apa yang digunakan KPK untuk menyadap pembicaraan telepon yang diperdengarkan pada uji materi di Mahkamah Konstitusi (MK) yang menghebohkan jutaan masyarakat Indonesia ?, bisakah menyadap pembicaraan seperti itu ?

Umumnya, teknologi penyadapan telepon dapat dilakukan pada jalur komunikasi telepon tetap (fixed line) seperti jaringan telepon produk TELKOM. Cara pada jalur ini biasanya menggunakan teknik yang biasanya disebut tapping yaitu cara menyadap dengan melekatkan kabel pada kabel telepon untuk menangkap sinyal suara yang merambat pada telepon target.

Sedangkan padajalur komunikasi seluler (handphone), teknologi ini telah dapat di implementasikan namun dengan cara yang berbeda. Pada jalur ini, penyadapan menggunakan alat yang bernama Spy Gear yang dilengkapi slot untuk penempatan RUIM Card layaknya sebuah hand phone. Alat yang mudah disembunyikan ini dapat aktif dengan cara menelpon ke nomor SIM Card yang telah dipasang pada slot nya.Kemudian alat ini bekerja dengan cara memperdengarkan suara – suara yang berada disekitarnya. Baik jalur fixed line maupun seluler, penyadapan juga bias dilakukan dengan cara memonitor di sentral operator telepon yang bersangkutan (namun tidak sembarang orang bias mendapatkan izin untuk hal ini).

Khusus teknologi penyadapan yang dilakukan KPK, konon menggunakan teknologi yang lebih canggih lagi. Yaitu menggunakan alat buatan Jerman yang disebut ATIS Gueher Gmbh dan peralatan firing buatan AS dan Macro System buatan Polandia. Total dana untuk peralatan in diperkirakan mencapai Rp 28,07 miliar.

Untuk ATIS Gueher Gmbh merupakan sebuah generasi baru dari teknologi solid – state, yang dapat dikoneksikan ke dalam sumber suara berupa fixed line maupun seluler jalur GSM atau CDMA. Alat ini mampu merekam seluruh komunikasi suara dengan kapasitas aktif lebih dari 680 menit dan 1000 panggilan yang berbeda.

Kelebihan dan kekurangan ?

· Dari alternatif satu, penyadapan melalui komunikasi fixed line hanya bisa dilakukan dengan teknik tapping, tidak semua orang mampu melakukannya. Cara ini pun mempunyai kemungkinan besar diketahui target karena rentan terhadap suara bising.

· Spy Gear, karena untuk menggunakan alat ini dengan cara menelepon, tentunya akan menambah biaya yang dikeluarkan untuk koneksinya. Jadi siapkan saja pulsa berlimpah. Kemungkinan kehilangan alat inipun besar, walaupun dijual bebas dengan harga sekitar Rp 2 jutaan.

· Atis dan perlengkapannya. Untuk yang ini memang hamper tak ada risiko kehilangan seperti Spy Gear atau besarnya kemungkinan terdeteksi seperti tapping untuk fixed line, namun dana yang di gelontorkan pun tak sedikit. 


Aplikasi Penyadapan untuk Handphone.

Alternatif lainnya adalah menggunakan aplikasi bernama Spy Call. Aplikasi ini diperuntukkan untuk menyadap handphone saja karena aplikasi memang harus di install pada handphone target.

Note : oleh sebab itu hati2 bila mendapatkan hadiah Handphone, Android, Black Berry atau devices komunikasi lainnya.

Cara kerja dari aplikasi ini adalah merekam seluruh pembicaraan handphone target yang ter install aplikasi ini, kemudian hasil rekamannya disimpan ke memory yang telah ditentukan sebelumnya. Hasil rekaman dapat didengarkan setiap saat, hanya saja harus di akses melalui handphone target. Jadi siapkan saja memori eksternal dengan kapasitas yang besar. Aplikasi ini berjalan “dibelakang layar”, jadi target tidak akan menyadari bahwa pembicaraannya direkam, namun kita harus melakukan beberapa pengaturan yang mudah dan singkat agar aplikasi ini berjalan tanpa diketahui si empunya handphone.

Lumayanlah untuk memantau komunikasi orang – orang terdekat yang masih perlu kita pantau agar tidak terjadi hal – hal yang kita inginkan. Anda bisa men download aplikasi Spy Call ini di http://www.getjar.com atau via handphone langsung ketikkan wap.getjar.com pada kolom address tujuan. Selamat mencoba…!!!

0 komentar:

Posting Komentar